Rabu, 19 Oktober 2011

Analisis Wedding Organizer


  1. DAFTAR ISI



Kata Pengantar                                                                                                        1
Pendahuluan                                                                                                            2
Pengertian Wedding Organizer (WO)                                                                 2
Mengapa dan Kapan membutuhkan WO                                                          2
Komponen-Komponen Sistem WO                                                                    3
Tahapan Sistem WO                                                                                               6
Paket Harga WO                                                                                                       8
Ketentuan Pembayaran                                                                                         8
Ruang Lingkup                                                                                                        9
Daftar Pegawai                                                                                                         9
Kesimpulan                                                                                                              10
Daftar Pustaka                                                                                                         11




KATA PENGANTAR


Dengan mengucap Puji Syukur Kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmat dan karunia-Nya, serta doa restu dan dorongan dari berbagai pihak, akhirnya Paper ini dapat diselesaikan.
Dalam kesempatan ini tidak lupa dihaturkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada :
    1. 1.    Ibu Yayah Rumdayah sebagai pemilik Yayah Rumdayah Wedding Organizer.

    1. 2. 
Orangtua tercinta, yang telah banyak memberikan dorongan bantuan baik moril maupun spiritual, dan semangat yang tak ternilai.

Akhir kata semoga Paper ini dapat diterima dan bermanfaat bagi semua pihak, amin.






                                                                                            Depok, Oktober 2011
                                                                                                
                                                                                            Penulis











PENDAHULUAN





Indonesia yang berbentuk kepulauan mempunyai banyak sekali populasi penduduk. Menurut sensus penduduk yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik(BPS) pada bulan Agustus 2010 jumlah penduduk Indonesia adalah 237.556.363 jiwa,yang terdiri dari 119.507.580 laki-laki dan 118.048.783 perempuan.Dengan perbandingan antara laki-laki dan perempuan yang tidak jauh berbeda maka laju kelahiran semakin meningkat.
Maka sebelum kelahiran suatu anak terjadi, harus dibutuhkan suatu prosesi yang untuk mengesahkan suatu pasangan yang bernama pernikahan.Dengan meningkatnya laju pernikahan maka semakin cepat pula perkembangan dalam penyelenggaraan pernikahan. Maka ketika sepasang calon pengantin sibuk bekerja.Tugas Wedding Organizer dibutuhkan untuk memudahkan semua elemen dalam penyelenggaran pernikahan.Seberapa penting Wedding Organizer dibutuhkan oleh calon pengantin? Apa saja yang ditawarkan oleh Wedding Organizer dalam penyelenggaraan pernikahan?



PENGERTIAN WEDDING ORGANIZER (WO)



Wedding Organizer adalah suatu jasa khusus yang membantu calon pengantin & keluarga dalam perencanaan dan supervisi pelaksanaan rangkaian acara pesta pernikahan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.  WO juga mengelola event pernikahan dari mulai Akad nikah, Upacara adat, Pelaminan, Catering, Rias pengantin, Dokumentasi dan lain-lain. Pada tahun 1989 Ibu Yayah Rumdayah membentuk sebuah Wedding Organizer yang di beri nama Yayah WO. Dengan berbekalkan pengalaman kursus rias dan rasa kecewanya kepada sahabatnya yang telah memberikan patokan harga yang mahal ketika menikah, akhirnya berdirilah WO tersebut hingga kini.




MENGAPA & KAPAN MEMBUTUHKAN JASA WEDDING ORGANIZER



Setiap pengantin adalah unik dan berbeda. Adalah merupakan suatu keberuntungan bila Anda memiliki semua yang dibutuhkan untuk mewujudkan sebuah pesta pernikahan idaman. Tapi tentu saja tidak semua orang memiliki keberuntungan tersebut. Inilah beberapa alasan kapan saat yang tepat Anda membutuhkan bantuan jasa tersebut :
1. WAKTU YANG SANGAT BERHARGA
Khususnya bila calon pengantin atau keluarga sibuk terikat dengan aktifitas pekerjaan yang tinggi sehingga sulit menyisakan waktu yang cukup untuk menyiapkan sendiri segala perencanaan & perlengkapan acara.
2. EFISIENSI WAKTU DAN TENAGA
Begitu banyak macam kebutuhan sebuah pesta pernikahan dan tersedia beraneka ragam pilihan. Bila belum memiliki sendiri data atau pengalaman menggunakan suatu jasa / produk , sungguh melelahkan bila Anda harus mencari dan membandingkannya sendiri satu persatu. Dengan memanfaatkan semua informasi mengenai pernikahan yang disediakan oleh seorang Wedding Organizer, Anda dapat menghemat waktu dan tenaga.
3. TANGGUNG JAWAB PROFESIONAL ATAS KELANCARAN ACARA
Menjelang pesta, ditengah kegembiraan dan kesibukan Anda dalam mempersiapkan penampilan diri secara sempurna, hampir tidak mungkin lagi bagi Anda untuk memeriksa sendiri kesiapan perlengkapan pesta seperti dekorasi, catering, fotografer, dll. Anda dapat stress sendiri bila melakukan semuanya sendirian. Juga tidak enak rasanya meminta anggota keluarga atau teman untuk bertanggung jawab menangani masalah itu. Dengan kontrak kerja yang profesional, Wedding Organizer akan bertanggung jawab secara penuh atas kelancaran acara.
4. PENAMPILAN YANG SEMPURNA
Pesta pernikahan Anda akan menjadi kenangan seumur hidup. Kesiapan fisik dan mental yang sempurna adalah kunci dari segalanya. Kerjasama yang terpadu antara Anda dan sebuah tim yang profesional akan membantu mewujudkannya.





KOMPONEN-KOMPONEN SISTEM WO




Dalam sebuah acara pernikahan banyak komponen seperti tenda, baju pengantin, make-up, upacara adat yang digunakan mencapai sebuah acara yang matang. Dibawah ini kita akan membahas beberapa komponen yang penting untuk kita ketahui, antara lain :
1.    Tenda
Komponen pertama yang akan kita bahas adalah tenda. Tenda adalah salah satu perlengkapan utama dalam perencanaan sebuah acara/pesta. Keberadaannaya adalah sebuah keharusan yang tidak boleh tidak,karena merupakan kebutuhan utama dalam penyelenggaraan sebuah acara/pesta. Tenda juga berguna untuk menutupi tempat acara pernikahan dari panas atau hujan. Tenda terdiri tiang-tiang yang terbuat dari besi dan lapisan atas dilapisi oleh terpal dan dibagian bawah terpal dilapisi oleh kain  untuk menghias tenda yang disebut balon. Selain untuk melindungi tempat acara dari panas dan hujan, tenda juga beguna untuk memperindah tempat diadakannya event pernikahan tersebut.

2.    Baju pengantin
Komponen yang satu ini adalah komponen baju yang dapat dipergunakan untuk menutupi anggota tubuh serta menghias pengantin. Komponen baju sangat bergantung kepada upacar adat yang telah dipilih oleh kedua mempelai. Apabila mempelai menggunakan upacara adat jawa maka mempelai wanita dan pria menggunakan baju dodotan. Tapi tidak semua pakaian tergantung kepada upacara adat. Pasangan pengantin boleh memilih baju pengantinnya yang tidak sesuai dengan upacara adat yang telah mereka pilih. Baju pengantin menambah keindahan momen pernikahan. Tak heran jika gaun pengantin mengalami perkembangan ide tiap tahunnya. Momen pernikahan akan selalu dikenang dua sejoli yang mengikat janji suci. Baju pengantin indah nan memukau merupakan salah satu elemen pernikahan yang tak hanya menampilkan keindahan, tapi juga gengsi sang pengantin.
Tren fesyen gaun atau baju pengantin makin diminati dan ditunggu. Kini, rancangan gaun pengantin sudah begitu kaya. Beragam ide rancangan, mulai tradisional, modern, hingga perpaduan keduanya tampil untuk memperindah momen bahagia itu.

3.    Make-up
Komponen make-up adalah suatu kegiatan mengubah penampilan dari bentuk asli sebenarnya dengan bantuan bahan dan alat kosmetik. Istilah make up lebih sering ditujukan kepada pengubahan bentuk wajah, meskipun sebenarnya seluruh tubuh bisa di hias (make up)., seperti halnya baju pengantin make-up pun dapat disesuaikan dengan upacara adat namun mempelai boleh memilih sendiri riasan untuk wajahnya, riasan sangat berguna bukan untuk menghias wajah tetapi juga untuk membuat wajah mempelai wanita lebih cerah dihari pernikahannya.

4.    Upacara Adat
Upacara pernikahan adalah upacara adat yang diselenggarakan dalam rangka menyambut peristiwa pernikahan. Pernikahan sebagai peristiwa penting bagi manusia, dirasa perlu disakralkan dan dikenang sehingga perlu ada upacaranya. upacara adat juga merupakan sebuah tradisi turun temurun dari daerah asalnya. Kedua mempelai meyakini bahwa dengan mengikuti upacara adat ini maka mereka dapat membuat acara pernikahan menjadi lebih khidmat.

Di Indonesia upacara pernikahan dilakukan dengan dua cara, tradisional dan modern. Ada kalanya pengantin menggunakan kedua cara tersebut, biasanya dalam dua upacara terpisah. Upacara pernikahan secara tradisional dilakukan menurut aturan-aturan adat setempat. Indonesia memiliki banyak sekali suku yang masing-masing memiliki tradisi upacara pernikahan sendiri. Dalam suatu pernikahan campuran, pengantin biasanya memilih salah satu adat, atau ada kalanya pula kedua adat itu dipergunakan dalam acara yang terpisah.

Upacara pernikahan modern dilakukan dengan mengikuti aturan-aturan dari luar negeri. Biasanya gaya yang dipakai adalah gaya Eropa. Pernikahan yang dilakukan dengan aturan Islam mungkin dapat juga dimasukkan ke dalam kategori upacara pernikahan modern.



5.    Hiburan
Komponen hiburan berguna untuk menghibur para tamu undangan yang hadir memberikan selamat serta doa restu kepada kedua mempelai, sehingga tidak membuat suatu acara pernikhan menjadi membosankan. Hiburan pada resepsi pernikahan akan membawa kedalam Suasana Kegembiraan, romantisme penuh kenangan.

Dengan pengisi hiburan musik dan lagu mampu menciptakan atmosfir keindahan dalam kesyahduan pesta perkawinan. Kesediaan partisipasi kerabat dan sahabat yang memiliki talenta dalam menyajikan musik adalah alternatif sebagai rancangan hiburan menambah suasana keceriaan.

Dalam Acara Pernikahan dan Event lainnya sering Kita Mengadakan Acara hiburan dengan mengundang group Organ Tunggal, Orkes Melayu, Group Band, dll. Sebagai sarana Hiburan untuk menghormati para tamu undangan.

6.    Catering
Pada komponen ini akan membahas catering yang merupakan suatu komponen yang menyediakan makanan kepada para tamu undangan yang hadir pada acara pernikahan tersebut. masakan dan minuman dapat dipilih dan tentukan untuk acara dengan variasi penyajian yang semuanya akan menjadikan pesta pernikahan semakin berkesan.

7.    Pelaminan
Komponen pelaminan ini merupakan suatu komponen yang menghiasi dekorasi pelaminan tempat untuk kedua mempelai, biasanya dalam pelaminan ada hiasan air terjun dibelakang tempat duduk kedua mempelai dan juga biasanya dibuat sebuah taman kecil yang terdiri dari pot-pot kecil didepan tempat duduk kedua mempelai agar dekorasi pelaminan terlihat lebih indah.

8.    Dokumentasi
Dokumentasi adalah kegiatan untuk merekam dan menyimpan berbagai data penting yang dihasilkan dari suatu kegiatan. Acara seindah pernikahan perlu sebuah dokumentasi,karena momen ini sangat berharga yang hanya ada sekali seumur hidup. Untuk itu dokumentasi sangat diperlukan.

9.    Akad Nikah
Ini merupakan komponen yang terakhir tapi komponen yang paling penting dalam sebuah acara pernikahan. Akad nikah merupakan ikrar pernikahan. Yang dimaksud dengan akad nikah ialah ijab daripada pihak wali perempuan atau wakilnya dan qabul dari pihak calon suami atau wakilnya. Akad nikah merupakan syarat wajib dalam proses atau upacara perkawinan menurut Islam. Akad nikah boleh dijalankan oleh wali atau diwakilkan kepada seorang jurunikah. biasanya akad nikah dilakukan pada pagi hari sekitar pukul 09.00 wib. Akad nikah akan berlangsung setelah penghulu datang kerumah calon mempelai wanita dan calon mempelai pria beserta keluarganya yang juga sudah datang ketempat acara akad nikah akan dilaksanakan.







Tahapan Sistem Wedding Organizer







1.    Perencanaan Pernikahan

Calon pengantin datang ke WO untuk melakukan perencanaan pernikahan termasuk memilih paket pernikahan sesuai dengan tema yang mereka inginkan. Pemilihan paket pernikahan yaitu melakukan pilihan untuk alat-alat yang akan digunakan dalam acara pernikahan nanti, seperti memilih Gaun/Baju pengantin, ukuran tenda dan jenisnya, upacara adat yang akan dilaksanakan, dll. Setelah pengantin melakukan pemilihan alat-alat pengantin, calon pengantin dan WO menentukan besaran harga.
Kelebihan Sistem paket :
·         Menghemat waktu
Biasanya buat pasangan yg sibuk berkerja, agak sulit pastinya mengatur waktu utk browsing, apa lagi survei perihal vendor pernikahan. Menggunakan sistem paket
Wedding Organizer jelas membantu pasangan yg disibukkan dgn pekerjaan di kantor.
·         Bisa lebih murah
Jika Anda tidak punya waktu utk ‘berburu’, tentunya hanya ada sedikit referensi Anda mengenai harga. Alhasil, Anda tidak bisa membandingkan harga dan kualitas setiap vendor. Lain hal jika Anda memilih sistem paket, maka Anda tinggal nego harga dgn
Wedding Organizer, minta diskon khusus atau bonus tambahan, langsung deal.
·         Dikoordinasikan 1 orang
Entah paket ini dikeluarkan oleh gedung/cetering/
Wedding Organizer, pasti ada minimal 1 orang yg mengkoordinasikan semua vendor. Pada satu orang ini kita mencurahkan segala maksud keinginan kita. Tentu saja sebagai penanggung jawab orang ini lebih gampang dicari dibanding PIC dari masing-masing vendor jika ada masalah.

2.    Melakukan Persiapan
Pada tahap ini WO akan melakukan persiapan untuk menyusun acara calon mempelai. Tahap mempersiapakannya yaitu dimulai dari melakukan organisasi dari pihak keluarga atau kerabat mempelai untuk membantu menjadi pelengkap diacara pernikahan seperti pagar ayu, penerima tamu undangan, dll. Lalu WO melakukan pemasangan tenda, balon tenda, dinding kain, tempat pelaminan serta mempersiapkan catering kurang lebih sekitar H-3.

3.    Acara pernikahan
Setelah melalui tahap pertama dan kedua dengan matang tibalah pada tahap selanjutnya yaitu acara pernikahan. Dalam acara pernikahan ini pertama kali yang dilakukan adalah melakukan rias wajah dan pemasangan pakaian calon mempelai, pagar ayu, dll. Setelah melalui tahap tersebut maka kedua pengantin akan melaukan akad nikah untuk mengikat janji penikahan atau ijab kabul. Menuju ketahap selanjutnya pasangan yang telah resmi menjadi suami istri tersebut akan melakukan upacara adat menurut daerah sekitar, atau pun daerah asal yang telah ditentukan.

Selama acara berlangsung dari awal hingga akhir WO akan merekam melalui gambar maupun video untuk mendokumentasikan momen yang indah tersebut. Tidak ketinggalan juga acara hiburan yang akan membawa membelai dan tamu undangan kedalam suasana yang menyenangkan.

Sampailah kedua mempelai pada tahap penerimaan tamu diatas pelaminan. Yaitu melakukan salam-salaman dan foto bersama kepada pengunjung yang datang dan menyamut para tamu dengan santapan catering yang telah disediakan sebelumnya. Proses tersebut berlangsung terus hingga acara selesai sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

4.    Akhir Acara
Setelah semua tahapan berjalan dengan lancar, ini adalah tahapan terakhir dimana WO akan melakukan pelepasan tenda dan dekorasi, pencucian kain-kain dekorasi dan baju-baju pengantin, dan melakukan pelunasa pembayaran.






PAKET HARGA WO Ibu Yayah




·         Paket 1 atau Paket Komplit 1 (Rp. 75.000.000,00)
Tenda ukuran besar+Make-up+Catering untuk 1200 porsi+Upacara Adat+Hiburan+Foto Shooting+Video.
·         Paket 2 atau Paket Komplit 2 (Rp. 25.000.000,00)
Tenda ukuran sedang+Make-up+Upacara Adat+Hiburan+Foto Shooting+Video.
·         Paket 3 atau Paket Sedang (Rp. 15.000.000,00)
Tenda ukuran sedang+Make-up+Hiburan+Foto Shooting+Video.
·         Paket 4 atau Paket Hemat (Rp.10.000.000,00)
Tenda ukuran kecil+Make-up+Hiburan+Foto Shooting+Video.




KETENTUAN PEMBAYARAN




1.    Pembayaran Uang Muka/DP
Uang muka/DP dibayar 10% dari total paket pernikahan. Pembayaran ke-2 sebesar 50% dan pelunasan paling lambat dibayar 1 minggu sebelum acara berlangsung. Kamipun menawarkan konsep pembiayaan yang memudahkan dengan cara membayar 50% sebelum resepsi dan 50% setelah resepsi pernikahan.

  1. Perubahan
    Perubahan dalam Paket Pernikahan yang menyangkut pengurangan, penambahan dan/ atau perubahan lainnya dalam paket harap dikonfirmasikan paling lambat (1) satu minggu sebelum pelunasan atau 2 (dua) minggu sebelum resepsi berlangsung.

  2. Pembatalan
    Uang muka 10% yang telah dibayar tidak dapat dikembalikan akibat dari pembatalan sepihak.

  3. Lain-lain
    DP/uang muka yang telah dibayarkan merupakan pengikat dan jaminan harga tetap.



RUANG LINGKUP


Ruang lingkup pekerjaan seorang Wedding Organizer adalah :
1.    Memberikan input kepada calon pengantin mengenai hal-hal yang harus
       diperhatikan dalam perencanaan dan pelaksanaan upacara pernikahan
2.    Mencari lokasi resepsi (bila belum ada)
3.    Menyusun budget
4.    Membantu perencanaan mengenai tema, alur, dan dekorasi pesta
5.    Membuat Buku Program Acara Pernikahan
6.    Mengkoordinasikan dan mengarahkan job description Panitia Keluarga
7.    Fasilitasi, negosiasi dan koordinasi dengan pihak gedung/hotel dan
       supplier/vendor seperti catering, dekorasi, fotografer, perias, grup musik, dll
8.    Pengurusan persyaratan akad nikah & perizinan lain-lain
9.    Menyusun jadwal kerja dan jadwal pembayaran
10.  Mengatur setting ruangan dan flow tamu di rumah maupun di tempat resepsi
11.  Supervisi pelaksanaan upacara pernikahan agar segala sesuatunya dapat
       berjalan dengan baik sesuai dengan rencana
12.  Mengambil langkah-langkah pengamanan bila terjadi keadaan darurat
      (sebatas dengan kewenangan yang diberikan)




DAFTAR PEGAWAI



Pekerjaan
Orang
Pemasang Tenda
6
Make-up
5
Fotographer+Video
3
Pencuci kain
2
Pembantu umum
4



KESIMPULAN


Wedding Organizer adalah suatu jasa khusus yang secara pribadi membantu calon pengantin dan keluarga dalam perencanaan dan supervisi pelaksanaan rangkaian acara pesta pernikahan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. Dalam kapasitasnya sebagai koordinator acara, Wedding Organizer hanya bertanggung jawab untuk mengkoordinir seluruh kegiatan dalam membuat perlengkapan acara Pernikahan yang sesuai dengan kontrak pesanan.
Wedding Organizer Memberikan informasi mengenai berbagai macam hal yang berhubungan dengan acara pernikahan, Membantu merumuskan konsep pernikahan. Wedding Organizer mem-fasilitasi, negosiasi dan koordinasi dengan pihak gedung/hotel dan semua pihak yang ikut serta dalam berlangsungnya acara pernikahan tersebut seperti : Catering, dekorasi, fotografer, perias, grup musik, dll. Dengan adanya Wedding Organizer ini dapat membuat suatu acara pernikahan berjalan dengan lancer sehingga mampu membuat kenangan yang indah bagi pasangan pengantin.





DAFTAR PUSTAKA



·         Ibu Yayah Rumdayah Wedding Organizer










Tidak ada komentar:

Poskan Komentar